Proses Pembentukan Urine Pada Ginjal

Setiap ginjal memiliki sekitar satu juta nefron, di mana pembentukan urin berlangsung. Pada waktu tertentu, sekitar 20 persen dari darah akan melalui ginjal untuk disaring sehingga tubuh dapat menghilangkan limbah dan mempertahankan hidrasi, pH darah dan kadar yang tepat zat darah.

Bagian pertama dari proses pembentukan urin terjadi pada glomeruli, yang adalah gumpalan kecil dari pembuluh darah. Glomeruli bertindak sebagai filter, memungkinkan air, glukosa, garam dan limbah bahan untuk melewati ke kapsul Bowman, yang mengelilingi setiap glomerulus, tetapi mencegah sel-sel darah merah dari lewat. Cairan dalam kapsul Bowman disebut sebagai filtrat nephric dan menyerupai plasma darah. Hal ini juga Proses Pembentukan Urine Pada Ginjal termasuk urea, yang dihasilkan dari amonia yang terakumulasi saat proses hati asam amino dan disaring oleh glomeruli. Proses Pembentukan Urine Pada Ginjal

reabsorpsi
Sekitar 43 galon cairan melewati proses filtrasi, tetapi kebanyakan selanjutnya diserap bukannya dihilangkan. Reabsorpsi terjadi pada tubulus proksimal nefron, yang merupakan bagian luar kapsul, di lengkung Henle, dan tubulus distal dan pengumpul, yang lebih lanjut sepanjang nefron luar lengkung Henle.

Air, glukosa, asam amino, natrium dan nutrisi lainnya diserap ke dalam aliran darah dalam kapiler yang mengelilingi tubulus. air bergerak melalui Proses Pembentukan Urine Pada Ginjalproses osmosis: pergerakan air dari daerah konsentrasi tinggi ke salah satu konsentrasi yang lebih rendah.

Biasanya semua glukosa yang diserap, tapi pada individu diabetes, kelebihan glukosa tetap dalam filtrat. Natrium dan ion lainnya diserap tidak lengkap, dengan proporsi yang lebih besar yang tersisa di filtrat ketika lebih dikonsumsi dalam Proses Pembentukan Urine Pada Ginjal