Proses Pembentukan Urine Secara Singkat

Ginjal menyaring zat-zat yang tidak diinginkan dari darah dan menghasilkan urin untuk mengeluarkan mereka. Proses Pembentukan Urine Secara Singkat Ada tiga langkah utama pembentukan urin: filtrasi glomerulus, reabsorpsi, dan sekresi. Proses ini memastikan bahwa hanya limbah dan kelebihan air dikeluarkan dari tubuh.

Proses Pembentukan Urine Secara Singkat

1. Glomerulus The Filter Air dan Zat lain dari aliran darah

aliran darah melalui glomerulus sebagai bagian dari filtrasi Setiap ginjal mengandung lebih dari 1 juta struktur kecil yang disebut nefron. Setiap nefron memiliki glomerulus, situs filtrasi darah. glomerulus adalah jaringan kapiler Proses Pembentukan Urine Secara Singkat dikelilingi oleh struktur cuplike, kapsul glomerulus (atau kapsul Bowman). Saat darah mengalir melalui glomerulus, tekanan darah mendorong air dan zat terlarut dari kapiler ke dalam kapsul melalui membran filtrasi. filtrasi glomerulus ini dimulai proses pembentukan urin.

2. Filtrasi Membran Menjaga Sel Darah dan Protein besar di aliran darah

Di dalam glomerulus, tekanan darah mendorong cairan dari kapiler ke dalam kapsul glomerular melalui lapisan khusus sel. Lapisan ini, membran filtrasi, memungkinkan air dan kecil zat terlarut untuk lulus tetapi sel blok darah dan protein Proses Pembentukan Urine Secara Singkat yang besar. Komponen tetap dalam aliran darah. Filtrat (cairan yang telah melewati membran) mengalir dari kapsul glomerulus lebih lanjut ke nefron. Klik untuk mempelajari lebih lanjut tentang Anatomi & Fisiologi

3. Reabsorpsi Bergerak Nutrisi dan Air Kembali ke aliran darah

glomerulus menyaring air dan zat terlarut kecil dari aliran darah. Filtrat yang dihasilkan mengandung limbah, tetapi zat juga lainnya yang dibutuhkan tubuh: ion penting, glukosa, asam amino, dan protein yang lebih kecil. Ketika filtrat keluar glomerulus, mengalir ke saluran di nefron yang disebut tubulus ginjal. Ketika bergerak, zat yang dibutuhkan dan air yang diserap melalui dinding tabung ke kapiler yang berdekatan. reabsorpsi ini nutrisi penting dari filtrat adalah langkah kedua dalam penciptaan urin.

4. Limbah Ion dan Hidrogen Ion disekresikan dari darah Selesaikan Pembentukan Urine

Filtrat diserap dalam glomerulus mengalir melalui tubulus ginjal, di mana nutrisi dan air yang diserap kembali ke dalam kapiler. Pada saat yang sama, Proses Pembentukan Urine Secara Singkat  ion limbah dan ion hidrogen lulus dari kapiler ke dalam tubulus ginjal. Proses ini disebut sekresi. ion yang disekresikan menggabungkan dengan filtrat yang tersisa dan menjadi urin. urin mengalir keluar dari tubulus nefron menjadi saluran pengumpul. Lolos keluar dari ginjal melalui pelvis ginjal, ke dalam ureter, dan turun ke kandung kemih.

5. Urine Apakah 95% Air

Persentase komposisi garam, amonia, urea, air dan komponen lain dari urine.The nefron darah proses ginjal dan membuat urin melalui proses filtrasi, reabsorpsi, dan sekresi. Urine adalah air sekitar 95% dan produk-produk limbah 5%. limbah nitrogen Proses Pembentukan Urine Secara Singkat diekskresikan dalam urin meliputi urea, kreatinin, amonia, dan asam urat. Ion seperti natrium, kalium, hidrogen, dan kalsium juga diekskresikan.

Sumber Proses Pembentukan Urine